(0355) 551488
kec-watulimo@gmail.com
Jl. Raya Prigi Nomor 1 Watulimo
blog-img
08/02/2020

Musrenbangcam Watulimo Kondang 2020

admin3 | Data Dokumen

Kecamatan Watulimo memang kondang, sesekali juga viral. “kondang” berarti terkenal atau ternama (kbbi.we.id), bermakna positif dan jangka panjang. Berbeda dengan “viral”, bisa bermakna positif juga bisa negatif dan dalam jangka pendek.

Watulimo Kondang dilaunching menjadi jargon tanggal 20 Pebruari 2019 pada momen Musrenbangcam oleh Camat Watulimo (Edi Santoso) dan disaksikan oleh Wakil Bupati Trenggalek (Moch. Nur Arifin). Jargon tersebut bentuk sinergitas doa/spirit/iktiar masyarakat mewujudkan Kecamatan Watulimo yang Kondusif, Andalan, Ngangeni.

  1. Kondusif WILAYAH-nya. Watulimo berhadapan dengan laut lepas dan salahsatu bagian dari wilayah terluar NKRI, berada pada akses dan perencanaan strategis Nasional/Daerah, basis investasi ekonomi. Mutlak perlu modal dasar berupa kondisi aman, terkoneksi, terhindar bencana. Kuncinya : Hablum minnaloh dan hablum minnanas (hubungan dengan Tuhan dan antar manusia).
  2. Andalan SDM-nya. Watulimo memiliki banyak keunggulan komparatif SDA (agrominawisata) bahkan ada yang berkelas dunia, harus ditopang keunggulan kompetitif yaitu SDM. Kuncinya : perempuan dan generasi muda.
  3. Ngangeni WISATA-nya. Watulimo “core” lingkungannya adalah wisata, dengan sentuhan wisata melahirkan kesadaran / upaya menjaga ekologi dan budaya tetap lestari serta berkesan. Kuncinya : Sapta pesona pariwisata

Jargon Watulimo Kondang juga menerjemahkan visi Trenggalek Meroket (maju ekonomi rakyatnya, orangnya kreatif, Ekologi terjaga) yang saat ini digaungkan oleh Bupati Trenggalek (Moch. Nur Arifin) secara kongkrit sesuai dinamika Watulimo. Pendekatannya menyasar 3P inti, yakni prosperity (kesejahteraan), people (orang), planet (lingkungan).

Salahsatu proses penting mewujudkan Watulimo Kondang – Trenggalek Meroket, pada tanggal 11 Pebruari 2020, bertempat di Pujasera Pantai Prigi 360, akan dilaksanakan Musrenbangcam dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 dengan tema “memajukan ekonomi rakyat melalui SDM kreatif dan ekosistem yang terjaga”. Kapasitas peserta / undangan di lokasi terbatas sekitar 150 orang, meliputi para delegasi yang mengampu gagasan prioritas dari proses musrenbangdes (musrenbang tingkat desa), musrenakeren (musyawarah perempuan, anak dan kelompok rentan) dan FGD (Forum Guyub Dinas Instansi) se Kecamatan Watulimo.

Beberapa gagasan prioritas tersebut antara lain :

  1. Peningkatan/pembangunan jalan lingkar kota maritim gendingan – margomulyo, jalan slawe – dukuh – ngrancah, jalan ke tebing sepikul, jalan simpang tekenan, jalan tembus margomulyo – karanggandu, jembatan watulawang/jojogan, pengalihan tanjakan kaligereng, jalan grogah – IDF (banyunget), jalan pantai mutiara, pengembangan rawat inap Puskesmas, sarpras PAUD, gedung smart center Kecamatan, Parkir / rest area desa wisata (watuaguang, watulimo, gemaharjo), jogging track 360 – humara, jogging track stone park atas gua Lawa, dst.
  2. Peningkatan kapasitas BUMDes, Pelatihan pengolahan produk unggulan agro-mina, Pelatihan Kelompok Tani, Peningkatan kapasitas pokdarwis, Bantuan bibit tanaman durian dan manggis unggulan, dst.
  3. Peningkatan kapasitas fasilitator / kader pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, pemberdayaan penyandang disabilitas, bansos penyandang cacat berat dan lansia terlantar, dst.

Masyarakat dapat berpartisipasi memberikan saran dan pemikiran terbaik, melalui saluran online ini, sebagai referensi bagi para delegasi memantabkan prioritas gagasan. Termasuk mengikuti “live-streaming” poses musyawarah, paparan program strategis dari Tim Kabupaten dan hiburan kesenian, di channel YouTube (jika tidak ada gangguan teknis, dengan link akan kami infokan kemudian). Khusus di website, saran dan pemikiran anda akan tampil setelah di-publish oleh admin. Salam Watulimo KONDANG.

Bagikan Ke:

K

Kususiyah
08 Feb 2020 18:17

Semoga yg direncanakan terealisasi sesuai yg diharapkan dan kecamatan watulimo semakin kondang (kondosif,andalan dan ng


W

Wandi
08 Feb 2020 18:49

Jalan lingkar kota prigi antisipasi macet tlg direalisasi. Terutama yg Gendingan - Margo, termasuk sumber - tasikmadu.


S

Sindi
08 Feb 2020 18:53

KL sungguh2 kembangkan wisata, goa Lawa dan IDF mana blm ada gereget..????????


M

Mustagfirin
08 Feb 2020 19:21

Jika Watulimo Ingin Maju Wisatanya atasi terlebih dahulu persoalan lmbah, serta mohon dikaji kembali persoalan tambak u


E

EdiSant
09 Feb 2020 19:35

Terima kasih masukannya, instansi terkait terus bergerak sinergi untuk persoalan limbah

A

Agus Darwiono
09 Feb 2020 09:15

Semoga sukses dan terealisasi,sehingga mensejahterakan rakyat WATULIMO umumnya.


E

EdiSant
09 Feb 2020 09:39

Trim's kasih, yg super prioritas yg didahulukan sbb anggaran terbatas.

S

Supriaji
09 Feb 2020 13:22

Tanjakan kali gereng sering makan korban. Dipindah atau ditutup sekalian.


W

Wahyuono
09 Feb 2020 13:26

Pantai pasir putih bagus tapi sayang kapal kapal sandar tidak punya tempat khusus. Mbok ya ada tambatan parkir khusus.


S

S doni
09 Feb 2020 15:00

Kurang mall oleh oleh khas watulimo


H

Hamba
09 Feb 2020 15:25

Apapun yg terkafer dan ter alisasi saya sampekan terima kasih...bagi yg blm terkafer tentu harapan mulia..moga2 berlanj


I

Ilamak ila
09 Feb 2020 15:38

Saya sangat sepakat apapun yg sudah ter kafer dalam musrencam ini ..beribu terima kasih kita sampekan kepada byk pihak


E

Edi sahri w.
09 Feb 2020 16:20

Mohon di arahkan untuk desa tasikmadu di BUMdesnya dalam pengelolaan di HUMARA.


Y

Yoyok IST
10 Feb 2020 16:00

Apakah tiap desa tidak ada dana bencana,sewaktu kita menyalurkan bantuan air bersih dibeberapa desa banyak warga yg tany


E

EdiSant
12 Feb 2020 09:37

Musrenbangcam merumuskan prioritas yg didanai APBD 2021. U kebencanaan level desa, desa-desa rawan bencana jg kita doron

Populer