(0355) 551488
kec-watulimo@gmail.com
Jl. Raya Prigi Nomor 1 Watulimo
blog-img
04/11/2018

“Quality Time” Bagi Keluarga

admin2 | Inspirasi Kita

Allah SWT menganugerahi kita waktu 24 jam dalam sehari. Ada yang menghabiskan waktu 24 jam tersebut dengan to do list nya yang sedemikian padat. Namun ada pula yang malah kebingungan bagaimana caranya killing the time, alias nggak tahu mau melakukan apa saja seharian ini.

Dinamika kehidupan dan rutinitas, sering membuat kita lupa menyediakan waktu special  atau  quality time bersama keluarga. Padahal keluarga merupakan bagian terpenting dari hidup kita karena keluarga-lah yang menjadi pendorong, penyemangat, memberi motivasi, dan support terbesar dalam kehidupan kita untuk meraih mimpi dan juga karir. Oleh karena itu, seharusnya waktu bersama keluarga harus menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Quality time” harus dimanage sedemikian rupa, meski beberapa menit yang penting continue dan berkualitas agar suasana keluarga tetap hangat dan ceria. Pada saat menikmati quality time, anggota keluarga dapat berbagi cerita dan kebahagiaan. Seorang ibu rumah tangga selaku “manager merangkap menteri keuangan” memainkan peran utama dalam merencakan dan mengoptimalkan quality time  bagi keluarga, misalnya melalui momen dan inspirasi sederhana  berikut ini :

Sarapan / Makan Malam Bersama !! Bagi kita yang masih tinggal serumah dengan orangtua atau yang sudah berumah tangga usahakan selalu sarapan bersama setiap pagi. Sharing cerita di pagi hari bisa mengawali hari kita menjadi lebih baik. Apabila tidak sempat, dapat kita lakukan di penghujung hari melalui makan malam bersama di rumah. Momen ini sangat tepat untuk menceritakan berbagai pengalaman yang telah terjadi seharian sehingga kita bisa bertukar pikiran dengan keluarga.

Cipika-cipiki !! Jangan menunda untuk menikmati waktu bersama anak-anak kita. Nimatilah saat anak-anak masih mau dipeluk dan dicium, misalnya saat mau berangkat sekolah dengan membiasakan mengucapkan salam disertai cium tangan atau pipi (cipika-cipiki). Saat itu mereka tak ragu-ragu untuk mencium, memeluk, dan menggelayut di bahu kita. Saat itu mereka betul-betul membutuhkan sentuhan kasih sayang orangtuanya, bagi mereka orangtua adalah segalanya. Saat menghadapi kesulitan yang mereka ingat untuk dimintai bantuan adalah orangtuanya.

Namun saat mereka tumbuh menjadi remaja dan semakin mandiri, bisa jadi mereka akan merasa rikuh saat dipeluk atau dicium. Dan jika orangtua tidak membiasakan untuk ‘dekat’ dengan anak-anak mereka sedari kecil, saat itulah orangtua akan mulai ditinggalkan oleh anak-anaknya.

“Selfie” Keluarga !! Di waktu senggang, ajak seluruh anggota keluarga untuk foto selfie dengan kamera smartphone Anda. Supaya lebih seru, Anda dan keluarga bisa memakai kostum atau dandanan yang lucu. memberikan Anda dan keluarga kedekatan dan kehangatan.

Tetapkan Satu Hari Santai Untuk Keluarga !! Usahakan dalam satu minggu ada satu hari yang menjadi waktu luang bersama keluarga. Tidak harus full seharian, misalnya Sabtu malam Minggu kita dapat menonton TV atau DVD bersama keluarga, main game bersama atau olahraga dan masak bersama di Minggu pagi. Matikan gadget dan alat komunikasi agar kita tidak asyik sendiri dan melupakan interaksi langsung dengan keluarga. Lupakan dulu kerjaan untuk sejenak, karena momen bersama keluarga sangat berharga dan tidak bisa dibeli oleh uang !

Merencanakan Jadwal Liburan Bersama !! Pasanglah kalender khusus di atas kulkas atau tempat yang sering dilalui anggota keluarga. Rencanakan tanggal yang sama untuk pergi berlibur bersama keluarga. Apabila di kalender ada libur long weekend, kita bisa mengambil tanggal itu untuk pergi berlibur ke tempat rekreasi di luar kota. Selain dapat rileks dan bersenang-senang disana, pergi berlibur bersama keluarga dapat mempererat hubungan dan mengobati rasa rindu karena kesibukan yang dilakukan setiap hari.

“Touring Club” !! Terkadang berlibur sekeluarga masih dirasa kurang seru. Bagaimana kalau berlibur bersama  banyak keluarga dari berbagai kalangan ? Pasti lebih seru bukan ? Ya, sekarang lagi “ngetrend” touring club, mulai club mobil, sepeda motor bahkan “gowes mania”. Misalnya yang paling aktif touring adalah keluarga Blazer Indonesia Club (BIC) yang hampir tiap bulan masing-masing rayon daerah mengadakan touring keluarga secara hemat dan meriah karena selalu didukung oleh sponsorship.

Fleksibel dan Spontan !! Bagaimana ketika tiba-tiba seluruh anggota keluarga berkumpul dalam satu hari dan Anda tidak punya rencana apa-apa? Tanap pikir panjang, buatlah kegiatan dadakan. Masak bersama atau makan malam di luar bisa menjadi kegiatan spontan yang menyenangkan. Belum tentu kejadian ini bisa terulang di bulan-bulan berikutnya kan? Maka fleksibilitas Anda sangat diharapkan agar kebersamaan di dalam keluarga tetap terjalin.

------------- Ibu yang cerdas menjamin waktu yang berkualitas bagi keluarga (Suyanti Ratnasari, Ketua TP. PKK Watulimo 2018)

Bagikan Ke:

R

Rina
05 Nov 2018 06:48

Inspiratif, saya suka tips yg touring club.. kebetulan suami anggota BIC juga.


a

admin2
05 Nov 2018 06:55

Pantai 360 Prigi sangat recommended untuk touring. Ada panggung cantik, resto, cafe container dan area kumpul yg luas da

Populer