(0355) 551488
kec-watulimo@gmail.com
Jl. Raya Prigi Nomor 1 Watulimo
blog-img
26/07/2019

Sosialisasi Adipura Desa 2019

admin3 | Jurnal Kegiatan

Senin tanggal 22 Juli 2019 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Watulimo dilaksanakan sosialisasi Adipura Desa Tahun 2019. Acara dibuka oleh Camat Watulimo, yang memberikan pengantar singkat bahwa Adipura Desa ini merupakan progam sekaligus gerakan inovatif untuk mewujudkan jargon terkini Kabupaten Trenggalek MEROKET (Maju Ekonomi Rakyatnya, Organisasi dan orangnya Kreatif, Ekologi Terjaga). "Bapak Bupati sering mengarahkan dan mengingatkan bahwa spirit kita tidak hanya sekedar maju mengejar ketertinggalan, karena daerah-daerah lain juga sama-sama bergerak maju. Kapan kita berada di depan kalau tidak melompat lebih tinggi dan lebih jauh alias MEROKET. Tagline dengan konsep trilogi yakni Prosperity, People, Planet juga kami tindaklanjuti dengan jargon spirit Watulimo Kondang (Kondusif, Andal, Ngangeni) yang pernah di launching bersama Bapak Bupati pada Pebruari 2019 yang lalu. Core Watulimo ini Wisata, jadi Adipura Desa ini langsung klik banget untuk kita," terang Camat Watulimo. 

"Adipura secara rutin digelar oleh Pemerintah Pusat di tingkat Kabupaten dan Kota. Nah kita ingin adipura ini tidak hanya mencerminkan wajah Kabupaten secara makro saja, tetapi yang lebih kongkrit mencerminkan wajah Kabupaten secara keseluruhan sampai pelosok Desa-Desa", penjelasan dari Kabid Persampahan Dinas PKPLH Ir. Muyono Piranata. Pemaparan dilanjutkan dengan beberapa Narasumber dari Staf Dinas PKPLH, Bappedalitbang dan LSM Pemerhati lingkungan.

Ada 6 Aspek Penilaian dalam Adipura Desa 2019 ini, yakni : Aspek regulasi ( Bobot Nilai 10 %), Aspek Pengelolaan Sampah ( Bobot Nilai 25 %), Aspek Ruang Terbuka Hijau (Bobot Nilai 15 %), Aspek Sanitasi (Bobot Nilai 20 %), Peran Masyarakat (Bobot Nilai 10 %), Inovasi-inovasi Desa/Kelurahan (Bobot Nilai 20 %). Adapun hadiah kejuaraannya antara Rp. 100 juta sd. Rp. 400 juta.

Hadir dalam sosialisasi Forkopimcam Watulimo, seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Watulimo, instansi terkait  tingkat Kecamatan, Komunitas Lingkungan, Pokmaswas Kawasan Pantai, Pokdarwis, Tokoh Masyarakat. Dalam sesi diskusi beberapa peserta sosialisasi yang berkesempatan menyampaikan saran dan pertanyaan, sangat mendukung Adipura Desa, namun adapula yang mengusulkan agar seluruh kriteria penilaian tetap di-assessment atau diukur untuk mengetahui potret utuh Desa, namun kalkulasi penilaian agar bertahap mengingat kesiapan Desa sangat beragam. "silahkan semua dinilai, namun mbok ya untuk tahun ini yang dikalkulasi u kejuaraan difokuskan salah satu aspek paling urgen dulu misalnya penanganan sampah. Secara bertahap baru aspek lainnya ditotal keseluruhan, sehingga potensi berkompetisi Desa peserta Adipura Desa akan lebih banyak" sambung Kamali Ali, Kepala Desa Margomulyo. 

Paparan Lomba Adipura Desa selengkapnya dapat didownload di : http://kec-watulimo.trenggalekkab.go.id/download

Bagikan Ke:

Populer