cialis
Notice
  • Please enter your DISQUS subdomain in order to use the 'Disqus Comments (for Joomla)' plugin. If you don't have a DISQUS account, register for one here

Labuh Laut Larung Sembonyo

Upacara adat Labuh Laut Larung Sembonyo merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh masyarakat khususnya nelayan di Kecamatan Watulimo. Pada hari Minggu Kliwon tanggal 29 Juli 2018, digelar upacara adat larung sesaji yang diprakarsai oleh seluruh lapisan masyarakat watulimo khususnya para nelayan. Pada pukul 08.00 WIB arak-arakan tumpeng sesaji diberangkatkan dari halaman kantor kecamatan watulimo, diiringi dengan parade drumband juga berbagai kesenian dari putra putri watulimo. Tumpeng sesaji disambut oleh Bapak Kapolres Trenggalek, jajaran Muspika Kecamatan Watulimo, bapak-ibu kepala desa se Kecamatan Watulimo di depan hotel prigi dan bersama-sama menuju Tempat Pelelangan Ikan PPN Prigi untuk selanjutnya dilaksanakan prosesi upacara larung.

Rangkaian upacara tersebut tidak hanya dengan prosesi pelarungan tumpeng sesaji akan tetapi di hari Jum'at tanggal 27 Juli 2018 pukul 19.00 WIB sudah diawali dengan pemberian santunan pada anak yatim piatu dialnjutkan dengan pengajian. Sebagai penutup dari rangkaian kegiatan tersebut adalah pagelaran wayang kulit yang akan digelar pada hari Senin tanggal 30 Juli 2018 pukul 20.00 WIB.

Kegiatan upacara adat labuh laut larung sembonyo memerlukan dana yang tidak sedikit, akan tetapi seluruh rangkaian bisa berjalan dengan lancar dan aman. Semua tidak lepas dari swadaya seluruh lapisan masyarakat kususnya para nelayan di wilayah kecamatan watulimo. Karena ini merupakan wujud syukur masyarakat watulimo yang mayoritas adalah nelayan yang notabene menggantungkan rejeki dari hasil laut.

Holobis Resik-Resik Kali

        

        

Pada hari Minggu 15 Juli 2018 di Wilayah Kecamatan Watulimo diadakan kegiatan gerakan bersih-bersih sungai yang dipimpin langsung oleh Bapak Wakil Bupati Trenggalek dan diikuti oleh TNI, Polri, Satpol PP Kecamatan Watulimo, Dinas Instansi, Perangkat Desa, Anggota Relawan Kecamatan Watulimo, Senkom, Pokmas, Ormas, Komunitas Masyarakat serta pelajar bersama warga masyarakat. Gerakan bersih-bersih sungai dipusatkan di sungai Desa Prigi dan Desa Margomulyo Kecamatan Watulimo. Sungai di dua Desa tersebut menjadi sasaran limbah pengusaha ikan pindang sehingga tampak kotor dan berbau. 

Gerakan bersih-bersih sungai dimulai pada pukul 06.30 WIB dan dilanjutkan dengan sosialisasi dan edukasi  kepada masyarakat terkait kepedulian pada kebersihan lingkungan. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Case Conference Pemenuhan Hak Anak

Jumat (18-05-2018) bertempat di aula kantor Kecamatan Watulimo berlangsung case conference pemenuhan hak anak terkait kasus salah satu warga Desa Prigi Kecamatan Watulimo mengalami depresi akut yang memiliki 2 orang anak yang masih di bawah umur. Case Conference dihadiri oleh Muspika Kecamatan Watulimo, Kepala Desa Prigi dan Tasikmadu beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas-nya, Kepala SDN Prigi 1 beserta salah satu wali kelas, Kepala Puskesmas Watulimo beserta Bidan Desa dan Petugas Jiwa, TKSK Kecamatan Watulimo, 4 (empat) warga sebagai tetangga beserta keluarga pasien. Case conference ini dibuka oleh Sekretaris Kecamatan, dan sebagai pemateri, hadir Plt. Kepala Dinas Sosial, PPPA bersama Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

Case conference ini dilaksanakan dengan latar belakang adanya pasien yang mengalami depresi tersebut sudah meresahkan keluarga dan warga sekitar karena sering membawa senjata tajam. Di sisi lain, pasien masih memiliki dua orang anak yang masih berusia dini, sedangkan saat ini, pasien sudah dikirim ke tempat rehabilitasi oleh pihak desa dibantu pihak kecamatan dan puskesmas watulimo. Yang saat ini dibahas dalam case conference adalah keberlangsungan hidup dari anak-anak dengan orang tua menderita depresi menjadi hal krusial yang perlu pemikiran bersama untuk kedepannya.

Sementara anak-anak dalam pengasuhan keluarga dan diharapkan pihak sekolah dari anak-anak dapat memberikan motivasi dan rasa nyaman pada mereka. Ketika selesei rehabilitasi dan dinyatakan sembuh diharapkan semua pihak terkait dalam hal ini keluarga dan warga sekitar bisa menciptakan kondisi yang ramah sehingga suasana tetap kondusif dan untuk pihak puskesmas menfasilitasi untuk rutinitas pengobatan sebagai pencegahan didukung oleh pihak keluarga.

Subcategories

TOP