Notice
  • Please enter your DISQUS subdomain in order to use the 'Disqus Comments (for Joomla)' plugin. If you don't have a DISQUS account, register for one here

KAWASAN DURIAN DI TRENGGALEK

, Kawasan hutan durian terluas di Asia berlokasi di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Total ada sekitar 650 hektar lahan yang telah ditanami ribuan buah durian jenis unggul.

Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertanian telah mencanangkan wilayah ini sebagai Kawasan International Durio Foresty. Menteri pertanian juga memberikan suport peuh kepada Pemkab Trenggalek. Amran berjanji membantu pengadaan bibit buah durian unggul. Total nilai kontrak pengadaan bibit durian mencapai Rp 225 juta.

 

Bupati Trenggalek Emil Dardak malahan menyebutkan dengan luas lahan 650 hektar telah menjadikan kawasan hutan durian terluas di Asia. “Malahan saya yakin ini hutan durian terluas di dunia yang ada dalam satu hamparan,” katanya.

 

Lokasi Desa Sawahan sendiri selama ini telah dikenal sebagai desa penghasil durian. Produksi buah durian malahan dikirim ke berbagai daerah seperti Surabaya, Malang hingga Jakarta. Sebagian besar lahan hutan durian ini berada di kawasan hutan yang terbagi hutan produksi, tanah pesanggem dan tanah milik masyarakat. Persentase 70 tanah hutan dan 30 persen tanah rakyat. Malahan masih banyak ditemukan pohon buah durian yang berusia ratusan tahun.

 

Salah satunya pohon durian yang ditanam tahun 1.875 jenis durian ribbenthinum. Pohon durian ini memiliki diameter mencapai 282 cm berlokasi petak 162 RPH Kampak Selatan. “Buah durian ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Sehingga kami perlu membuat branding pemasaran,” ungkapnya.

Namun diakui Emil Dardak branding durian itu telah direbut oleh Kaiseng Farm di Penang Malaysia dan Chantabury Farm di Thailand. Meski begitu pihaknya bertekat membuat branding yang dapat ditampilkan Trenggalek yaitu durian unggul dari International Durio Forestry di hutan Watulimo.  Malahan buah durian Trenggalek diharapkan menjadi ikon durian Indonesia.

TOP